Jangan Mengecilkan Orang Lain

Setiap sore aku lihat ibu-ibu mercengkrama di samping rumah yang kebetulan kosong.
Kebetulan kamar saya di atas dekat dengan tempat-tempat ibu-ibu itu bergosip ria.
Kemaren ketika masuk kamar dan nyalain koputer dengan sengaja saya dengar ibu-ibu itu bergosip membahas tetangga baru yang suaminya menjadi TKW di malaysia. tetangga itu mulai membangun rumah baru.

tanpa basa basi begini ceritanya.......

ibu A : Itu si tetangga bangun rumah, katanya mau beli motor juga
ibu B : wih iya to? tar juga kalau suaminya pulang di jual semua
ibu C : sekarang dia juga ga mau masak. lauknya beli terus.
ibu A : iya kemaren saya lihat dia beli di warung sana


Pagi ini saya mau beli sarapan kare ibu sedang sakit. kebetulan di warung yang di gosipkan ibu-ibu kemaren. Di sana saya bertemu tetangga sayang menjadi bahan pembicaraan. tetangga itu sedang membawa bungkus plastik isi pepes yang akan di titipkan di warung itu. sesudah menitipkan pepes ibu itu berpamitanlah denganku. "pareng mas, ajeng nitipke teng warung liyane riyen" kata ibu itu. arti kata-kata itu permisi dulu mas, mau menitipkan ke warung lainnya dulu".

setahu saya ibu A si pemulai gosip memiliki utang di mana-mana

Marilah kita baca dan kita ambil sisi positif dari cerita itu. Kalau saja aku tidak bertemu tetangga itu pasti yang ada di pikiranku tetangga itu boros, suka berfoya-foya. pikiran negatif itu pasti muncul. Alhasil saya jadi menjauhi hubungan dengan tetangga itu. Dari cerita di atas saya mengambil pesan untuk segenap pembaca, apa yang kau dengar belum tentu benra, apa yang kau lihat belum tentu fakta jadi cobalah berfikir secara positif semua hal yang kau dengar dan kau lihat.

Penelitian menemukan bahwa cara seseorang menilai orang lain sama saja dengan menceritakan kesehatan mental diri mereka sendiri, seperti halnya menggambarkan orang yang mereka bicarakan.
Orang yang memberikan penilaian positif pada orang lain menunjukkan dirinya punya kepribadian yang positif. Sebaliknya orang yang sering menilai negatif pertanda tidak mau dikalahkan dan anti sosial.

" jangan engkau mengecilkan orang dengan perkataanmu, karena kau akan di kecilkan dengan tindakanmu"

2 komentar:

  1. wow sangat super :p anyway aku setuju banget bahwa kita ga boleh ngecilin orang

    BalasHapus
  2. wew..
    makasih
    ya semoga bermanfaat..

    BalasHapus