Menunggu Jadi Menyenangkan

Jika mendengar kata menunggu, apa yang ada dalam benak Anda?
Bagi saya, kadang menunggu itu membosankan jika tidak ada yang dikerjakan selama menunggu. Kadang, menunggu itu bikin emosi naik, bete, dan rasanya mau marah. Menunggu itu bisa bikin ngantuk. Menunggu kepastian dari seseorang bisa membuat perasaan campur aduk, deg-degan nggak karuan, ada juga rasa penasaran, dan kadang diselipi rasa kesal. Tapi, menunggu bisa juga menjadi kegiatan yang menyenangkan.

Percaya atau nggak, mari kita bahas. Berikut ini adalah tips ala saya agar kegiatan menunggu menjadi menyenangkan.

1. Menulis
Bagi Anda yang suka menulis, menunggu bisa dijadikan ajang untuk membuat karya tulis. Anda tak perlu harus bawa laptop ke mana-mana. Jika ada ponsel di tangan Anda, Anda bisa mengetik karya tulis Anda di ponsel. Anda juga bisa menulis karya tulis Anda di secarik kertas, entah itu di buku, notes, kertas bekas, koran, bahkan kertas tisu (ini kalau kepepet, ya).

Eh, Anda juga bisa menulis status di Facebook, Twitter, Blackberry Messenger atau situs lain juga, kan. Bukankah itu salah satu alternatif tempat untuk menulis?

2. Bermain Game
Sambil menunggu, Anda juga bisa main game. Game di ponsel pasti ada. Atau, jika Anda punya pe-es-pe, Anda bisa memainkannya. Dan, jika alat-alat elektronik penyedia game itu tak ada, Anda bisa mengambil karet gelang dan membuat bentuk-bentuk tertentu. Dengan selembar kertas pun, Anda bisa bermain game, baik sendiri maupun beramai-ramai. Misal: membuat origami atau main tebak kata.

3. Membaca
Selain itu, Anda juga bisa membaca koran atau majalah sambil menunggu. Jika tak ada koran atau majalah, Anda bisa mencari selebaran, brosur, atau pamflet di sekitar Anda. Kalau tak ada juga, Anda bisa baca apa saja yang berada di dekat Anda, seperti nama toko, nomor plat mobil, tulisan iklan di bus yang lewat di depan Anda, nama ruangan yang ada di dekat Anda, nama di kartu pengenal orang-orang yang lalu lalang, dan apapun yang bisa Anda baca. Membaca timeline Facebook, Twitter atau status teman di Blackberry Messenger juga bisa dijadikan alternatif, lho! Setelah membaca status teman-teman Anda, Anda juga bisa memberikan komentar pada mereka.

Seandainya Anda memang ingin membaca tapi tak ada satupun yang bisa dibaca, Anda bisa baca doa. Selain membuat Anda jadi tak bosan lagi, hati pun akan menjadi tenang. :)

4. Mengobrol
Mungkin ini adalah kegiatan yang cukup menyenangkan jika Anda sedang menunggu. Ajaklah teman atau orang-orang di sekitar Anda mengobrol. Selain mendapat informasi baru, Anda jadi tak bosan lagi menunggu. Tapi, Anda juga perlu hati-hati jika mengobrol dengan orang tak dikenal. Hindari memberi tahu hal-hal yang sifatnya pribadi. Tidak semua hal bisa kita beritahukan pada orang, apalagi orang tak dikenal. Ambillah topik yang umum, seperti berita yang sedang hangat-hangatnya atau gosip artis.

5. Menonton
Selama Anda menunggu ada televisi di sekitar Anda? Jika ada artinya Anda beruntung. Menonton televisi bisa menjadi salah satu alternatif mengusir kebosanan. Kalau Anda menunggu di rumah, itu lebih asyik lagi. Anda bisa menonton televisi dan mencari channel kesukaan Anda atau menyalakan DVD dan menonton film yang belum Anda tonton. Tapi, jika Anda menonton acara televisi di tempat umum dan Anda tak suka acaranya, ya terima saja, deh. Syukur-syukur Anda bisa meminta pindah channel. Kalau nggak, ya terimalah nasibmu. :D

Pssst… Melihat orang mengerjakan sesuatu bisa dikatakan menonton juga, kan? Anda bisa memperhatikan orang bekerja di sekitar Anda. Tapi jangan memperhatikan terlalu seksama ya. Bisa-bisa orang yang Anda perhatikan itu jadi salah tingkah, bahkan bisa menjadi marah!

6. Mendengarkan Musik atau Bersenandung
Anda punya alat pemutar musik? Silakan nyalakan dan dengarkan musik pada saat menunggu. Hal ini akan membuat Anda menjadi rileks. Selain itu, Anda bisa mendengarkan musik sambil bersenandung mengikuti irama musik. Di sini, saya tak menyebut ‘bernyanyi.’ Kenapa? Karena tidak semua suara enak didengar, apalagi jika sampai berteriak-teriak. Anda juga dapat menyesuaikan diri di mana Anda berada saat menunggu. Jika Anda menunggu di rumah, mungkin tak masalah jika Anda bernyanyi dengan suara keras. Tapi, jika Anda menunggu di rumah sakit, di mal, atau tempat umum lainnya, cukup bersenandung saja agar tak mengganggu orang-orang di sekitar Anda.

7. Jalan-jalan
Anda mempunyai janji dengan teman di mal atau tempat umum tapi pada saat yang ditentukan teman Anda belum datang? Waktu menunggu bisa Anda manfaatkan untuk berjalan-jalan. Mungkin Anda bisa mampir ke toko di sekitar tempat Anda menunggu. Atau, Anda ada keperluan membeli barang di apotik yang kebetulan letaknya dekat tempat menunggu, Anda bisa langsung ke sana sebentar.

8. Makan
Kadangkala, menunggu bisa membuat perut jadi lapar. Nah, manfaatkanlah waktu tersebut untuk makan. Jika menunggu di rumah, Anda bisa makan apa yang sudah ada di rumah. Jika Anda ada di tempat umum, carilah kantin atau restoran. Jika Anda tak mau makan makanan yang berat, Anda bisa ke warung atau supermarket terdekat dan membeli camilan. Anda bawa makanan sendiri? Ya, makan aja bawaan Anda itu untuk mengurangi beban bawaan. Perut kenyang, bawaan jadi enteng, hati pun senang! :)

9. Browsing
Ponsel Anda bisa mengakses jaringan internet? Atau Anda memang bawa laptop yang bisa koneksi ke internet? Jika ya, Anda bisa mengakses situs-situs yang Anda sukai. Anda bisa mencari info atau berita-berita terbaru sambil menunggu. Jika tak ada koneksi internet di ponsel atau laptop, mungkin di sekitar tempat Anda menunggu ada warnet. Itu juga bisa menjadi alternatif untuk browsing. Jadi, Anda nggak bosan lagi, deh, menunggunya.

10. Meditasi
Meditasi tak harus dilakukan dengan duduk bersila, punggung tegak dan mata tertutup. Dengan berkonsentrasi pada pernapasan, itu juga merupakan meditasi. Rasakan napas masuk dan napas keluar. Rasakan setiap gerakan tubuh Anda. Anda juga bisa mengamati larinya pikiran Anda. Cukup perhatikan apa yang ada di pikiran Anda. Cara meditasi itu adalah kata guru di tempat ibadah saya. :D

11. Tidur
Ya, tidur adalah alternatif terakhir jika Anda sudah benar-benar bosan menunggu. Daripada Anda marah-marah atau mengomel-mengomel sendiri atau bahkan mengomeli orang yang Anda tunggu, mendingan tidur aja, deh! Jika Anda berada di tempat umum, duduklah dan pejamkan mata Anda sebentar. Kelelahan karena menunggu bisa membuat emosi Anda naik. Jadi, tidak ada salahnya beristirahat sebentar. Tapi, hati-hati dengan barang bawaan Anda. Sebelum pejamkan mata, pastikan barang bawaan Anda aman bersama Anda.

0 komentar:

Posting Komentar