Indonesia Tidak Punya Sejarah

Tanpa kita sadari bangsa ini perlahan menyingkirkan sejarah. Entah kita sadari atau tidak.mengubah atau melupakan sejarah. mari kita dalami masalah berikut.


1. kepercayaan :
sudah kita buang jauh bahwa hindu adalah kepercayaan import yang pertama mempengaruhi perkembangan Indonesia. kita tidak bisa mendalami kepercayaan nenek moyang karena terbenturin istilah "musrik". Dalam buku sejarah sekolah sedikit pembahasan betapa besarnya kerajaan majapahit atau sriwijaya. Perkembangan agama hindu kirang di bahas dalam sejarah. Kecenderungan perkembangan islam untuk menutupi sejarah tersebut.


2. Orde Lama
Sekarang sudah banyak terbuka pengubahan sejarah oleh orde baru. beberapa sejarah di tutupi dengan anggapan orde komunis. disadari atau tidak komunis membuatt kita mampu membela dari dari liberalisme. dengan kesalahan bensejarahan ini, kita manjadi negara yang tidak bisa berdiri sendiri.dan menjurus pada kekuatan negara liberalis yang sering kita sebut negara barat.

3. VOC
sejarah satu ini meninggalkan bekas luka mendalam. namun tanpa kita sadari juga berdampak positif. membuat modernisasi para pendiri bangsa. membentuk sistem sosial yang lebih tertata. meninggalkan sistem pemerintahan untuk membangun negara. namun tidak bisa kita lupakan adalah pendidikan yang membuat kita maju walau dengan kerja keras bangsa para pahlawan.

3 Orde Baru
Sejarah orde baru tetutup sudah. gerakan 98 membuat sejarah orde baru sebagai bagian darisejarah kelam bangsa Ini. Tapi harusnya kita tidak menutup mata atas sistem pertanian yang terbangun. sebagai bangsa di takuti karena "jendral senyum". memang kepemimpinan berkepanjangan cenderung memikirkan pribadi dan golongan. namun pemerintah membangun ketegasan dan keamanan yang lebih baik dari sekarang.

Semua yang tertulis selalu sejarah kelam, sehingga pemikirannya cenderung tertutup terhadap masalalu kita. siapa yang mau mengenang masa kelam?

tidak hanya itu. masih banyak sejarah yang terlupakan. Kenapa Indonesia terpuruk? karena sudah melupakan sejarah. Bung Karno berpesan "JASMERAH"


0 komentar:

Posting Komentar