Hari Blogger 2012

Hari Blogger Nasional pertama kali dicanangkan Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Muhammad Nuh, pada 27 Oktober 2007 pada pembukaan Pesta Blogger. Bloger Indonesia berkembang sangat cepat, dengan tujuan dan kemampuan menulis. Mulai dari curhatan pribadi, berbagi informasi, menjadi jurnalis, hingga peluang binis di tuliskan menurut gaya para blogger.

Blog menjadi semakin populer di Indonesia, ketika banyak orang yang kemudian menjadi terkenal hanya karena hobi menulis blog. Ambil contoh Raditya Dika. Karena menulis blog, Raditya Dika menjadi pemenang Indonesian Blog Award dan The Online Inspiring Awards 2009 oleh Indosat. Dari penghargaan tersebut, ia memberanikan diri mencetak isi blog-nya dan buku pertama terbit dengan judul Kambing Jantan. Buku ini merupakan catatan hariannya yang selama ini ditulis di blog kemudian dibukukan dan mendapat penjualan terbaik dalam skala nasional. Cerita dalam buku itu juga kemudian diangkat ke dalam film dengan judul yang sama dan dibintangi sendiri oleh Raditya Dika.

Sebagai seorang blogger tentu saya menyambut gembira hari ini. Sayapun yakin andapun sama dengan saya, bila anda juga seorang blogger. Sebab di sinilah telah terjadi “suara baru Indonesia” dalam kemasan yang elegan dan intelek. Setiap orang diberi kebebasan untuk menyampaikan apa saja yang ada di dalam otak kepalanya. Setiap orang bisa menjadi seorang jurnalis. Mereka bisa mengabarkan apa saja yang dilihat dan didengarnya.

Para blogger tidak pernah ketinggalan jaman. walaupun diera global ini jarsos (jaringan sosial) merajalela menguasai dunia maya. Bagi seorang blogger, adanya facebook dan twitter justru membuatnya menjadi lebih hidup dari sebelumnya. Blog pribadinya yang dulu mati suri dan sepi dari pembaca, kini bisa tersebar dengan cepat melalui jejaring sosial itu. Minimal, ada pesan dalam pikiran utama yang sampai ke mata pembaca. Kalau sudah begitu, seorang blogger pastilah join di facebook dan juga twitter.

Bagi saya blog adalah bagian menuangkan inspirasi saya. Diblog saya bisa menyimpan memori yang tak bisa semuanya saya ingat, memberanikan diri berbicarara walau dalam bentuk tulisan. Namun blog sudah menjadi bagian hidup. Rasa bangga datang ketika pembaca berlimpah. Rasanya senang ada yang terus membaca tulisan saya. walau saya sendiri tidak tau siapa dia.

Tetapi yang penting, ketika membuat blog, usahakan kita komitmen dalam meng-updatenya. Sebab dalam dunia blog, “Content is the king”.
Semoga selama saya menulis tidak menyakiti hati siapapun, walau kadang ngawur.

0 komentar:

Posting Komentar