Soeharto dan Komunis (PKI)

Soeharto
Mungkin sedikit data yang bisa di ambil untuk membuktikan kedekatan Soeharto dengan tokoh-tokoh PKI atau komunis. Soeharto pernah mengikuti diskusi bersama tokoh-tokoh PKI di Patuk Yogyakarta. Selain itu ketika zaman revolusi dia menemui muso dan tokoh komunis surakarta menjelang pemberontakan madiun 1948. Soeharto juga bersahabat dengan kol A Latief dan Letkol Untung yang dituduh sebagai orang komunis di militer. Bahkan menjelang G30S-PKI mereka ingin menghadap untuk meyakinkan keterpihakannya pada Soeharto. Namun yang jadi meghadap hanya A Latief.


Letkol Untung

Sebelum terjadi pembunuhan terhadap jendral memang tidak ada kebencian Soeharto kepada PKI. Namun tuduhan Yoga Sugomo yang menganggap penculikan dan pembunuhan para jendral di lubang buaya adalah PKI dipegang teguh oleh Soeharto. Hal itu berdasarkan siaran radio mengatasnamakan Letkol Untung yang mengumumkan susunan G30S. Sebenarnya sampai sekarang hal itu belum terbukti. PKI yang dekat presiden Soekarno menjadi sasaran serangan Soeharto dalam menggulingkan Soekarno walaupun tuduhan itu belum terbukti benar. Yang lebih aneh menyangkut pautkan Letkol Untung dengan PKI yang sejatinya tidak ada keterkaitannya. Hal itu muncul karena argumentasi Yoga Sugomo yang anti pati terhadap PKI.

Karena keadaan yang carut-marut di manfaatkan Soeharto dengan mengumumkan bahwa Letkol Untung di backup PKI dan menguasai Presiden Soekarno di Markas Angkatan Udara.
Hal Ini berlanjut pada pengambilalihan kursi kepresidenan Indonesia.
Hal ini juga menjadikan keraguan kebenaran yang selama ini di pelajari di sekolah G30S-PKI.

0 komentar:

Posting Komentar