Bebaskan Diri dari Rasa Bersalah

selama ini saya menulis hanya gimana cara memompa diri agar lebih baik. saya sendiri mungkin tak lebih baik dari anda-anda semua. Dulu tanpa terpikirkan oleh saya ada suatu sisi yang membuat orang selalu jatuh di luar kondisi finansial, ataupun spirit. Raasa bersalah, mungkin semua orang pernah mengalami ini tapi dari tekanan yang berbeda-beda. Rasa bersaalah sangat menghambat  pola pikir maju anda, bahkan bisa membuat anda menjadi stres. rasa bersalah juga sering di manfaatkan pihak asing untuk mengendalikan kita (cuci otak), seperti yang terjaadi dalam kassus NII di indonesia

Rasa bersalah mungkin teerjadi ketika kita menyakiti orang lain, atau kegagalan suatu tujuan karena human error. Rasa bersalah membuat kita sulit berkembang karena bayang-bayang kegagalan. Selain mengganggu perkembangan pskologi rasa bersaalah juga mengganggu komunikasi kita dengan lingkungan. Semoga sedikit pengalaman saya bisa membantu anda atau sedikit memberi informasssi untuk anda.

1. cara yang paling mudah adalah berdoa. cara satu ini membuat kita leeebih tenang dan mampu meluapkan rasa bersalah daalam kata-kata doa.
2. cara kedua adalah cobalah membuka diri dalam lingkungan baru. Lingkungan baru membuat anda sedikit terbebas oleh beban rasa bersalah.
3. Bangkitkan diri dari tulisan, cobalah menulis. menulis akan membuat anda berfikir untuk membuat cerita terus berlanjut, otomatis anda akan menemukan jalan keluar dari tulissaan anda.
4. Cobalah tampil di depan umum. hal ini membangkitkan kepercayaan diri anda kembali untuk melawan rasa bersalah.
5. dan mulailah berfikir logis bahwa hidup terus berlanjut tanpa atau dengan anda sadari.dan menilai jalan anda sebagai masaa lalu.dan maafkanlah diri anda sendiri.

sedikit langkah itu mungkin membuat anda terlepas dari rasa bersalah. jika anda ingin menambahi silahkan comment sedikit cerita saya ini.

0 komentar:

Posting Komentar