Haruskah kehilangan?

Dari dulu sampai sekarang budaya indonesia banyak yang di aku-aku oleh negara lain. Mungkin Pembelajaran penting bagi kita bangsa yang kaya budaya ini. Sekarang orang Indonesia justru lebih senang dengan budaya asing, yang cenderung menjadi budaya miskin. Mungkin ini salah satu sebab tidak langsung kenapa perekonomian indonesia menjadi miskin. Kita yang kaya budaya tidak mau menjaga dan melestirakian budaya sendiri. Hanya saat negara asing sudah mengaku-aku kita baru menggembor-gemborkan bahwa itu budaya Indonesia. Ketika para gadi-gadis indonseia lebih suka menggunakan baju sexy-sexy daripada pakaian adat, Ketika para laki-laki lebih suka dengan jeans lobang lututnya, ketika musik rock lebih terkenal dari pada musik tradisional. Mulailah luntur rasa memiliki budaya Indonesia. Namun ketika negara asing mencoba merebut kita cuma bisa koar-koar mulut tanpa mencoba kembali ke budaya kita.

Sekarang ini banyak warga asing yang mencoba memperhatikan budaya Indonesia. Budaya yang di anggap wah buat mereka dan di anggap katrok buat kita sendiri. Bagaimana rasanya jika anda di suruh memagang alat pukul gamelan. apakan anda bisa memukul membentuk nada-nada yang harmoni? Ketika anda di minta menggunakan pakaian adat anda selalu mengeluh kepanasan. ketika anda di minta menggunakan selendang anda mengumam tidak bebas bergerak.

Apa yang anda rasa jika melihat gambar ini?
blog

blog
Kemungkinan pertama anda bangga karena warga asing mau belajar adat kita. kita bangga karena warga asing juga mencintai Indonseia. Kemungkinan ke-2 kita prihatin karena warga asing lebih bisa daripada kita, kita prihatin karena warga asing lebih cinta budaya kita daripada kita sendiri
Dan yang pasti paling banyak adalah gabungan keduanya.

Orang akan menyadari betapa petningnya suatu barang apabila barnag itu sudah hilang. apakah kita juga begitu kepada budaya kita? haruskah budaya kita menjadi milik negara lain baru kita bisa mencintai budaya kita?

ini ada sebuah video pendek warga negara asing yang sudah hidup di Indonesia dan mengapdikan diri untuk Indonesia.


Mulai sekarng cobalah mencintai sebelum kau menyesali.

1 komentar:

  1. saya malu sebagai anak bangsa, saya masih kurang mengetahui kebudayaan2 yang terdapat di indonesia. apalagi, orang asing malah ingin belajar budaya kita, kita tuan rumah malah tidak peduli setitik pun.
    benar kata anda, kita sadar ketika budaya kita diambil 'orang', ketika budaya kita kembali, akankah kita akan melestarikannya? peduli saja tidak, apalagi melestarikannya..

    BalasHapus